05 Juni 2009

Diabetes Melitus Tipe 2 (faktor resiko)

Setelah dulu saya posting prevalensi diabetes melitu tipe 2. Sekarang saya ingin sedikit berbagi mengenai faktor resiko dari diabetes melitus tipe 2, maksudnya adalah siapa atau individu dengan karakteristik seperti apa yang mempunyai resiko terkena diabetes melitus tipe 2.

Menurut Triplitt (2005) beberapa faktor resiko terjadinya diabetes melitus tipe 2 antara lain adalah sebagai berikut :
a. Riwayat keluarga dengan diabetes melitus
b. Obesitas dengan berat badan ≥ 20 % dari berat badan ideal atau BMI ≥25 kg/m2.
c. Aktivitas fisik yang kurang
d. Mengalami gangguan toleransi glukosa atau gangguan glukosa darah puasa sebelumnya.
e. Hipertensi dengan tekanan darah ≥140/90 mmHg
f. Dislipidemia dengan HDL-kolesterol ≤35 mg/dL dan atau kadar trigliserida ≥250 mg/dL.
g. Memiliki riwayat diabetes melitus gestasional atau melahirkan bayi dengan berat badan bayi lahir >9 pound.
h. Mempunyai riwayat penyakit vaskuler dan polycystic ovary disease.

Bagi anda yang memiliki salah satu faktor resiko seperti di atas, maka sebaiknya anda mulai untuk mencegah terjadinya diabetes melitus tipe 2. Caranya dengan memulai pola hidup sehat, yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan abnormalitas gula darah. Selain itu anda juga dianjurkan untuk memperbanyak melakukan olahraga dengan teratur. Karena olahraga akan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang akan mengatur kadar gula di dalam darah, sehingga jika aktivitas insulin terganggu maka kadar gula darah juga akan terganggu.

Semoga apa yang sedikit ini bisa bermanfaat buat teman-teman....

7 komentar:

  1. numpang coment hehehhe....
    tapi mantap nich blog im salute

    BalasHapus
  2. oke saya udah masukin blog kamu ke blog aku sebaliknya jangan lupa ikuti,shotbox,dan comentar di posting aku oke..?sperti yang saya lakukan thnks

    BalasHapus
  3. Untuk kasus-kasus DM, bisa dicoba mengganti makanan sehari-hari dengan makanan organik kaya nutrisi dan vitamin tetapi rendah karbohidrat.

    Greenfield Organik (GFO) Melilea SOLUSI PENGGANTI MAKANAN POKOK SEHARI-HARI UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT DAN LEBIH CANTIK (HEALTHY AND BEAUTY)

    Kenapa harus GFO Melilea ?
    GFO Melilea sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti terutama bagi penderita sakit kronis yang pantang terhadap berbagai produk makanan yang banyak mengandung lemak hewani, seperti daging, jeroan, telur, dll. Juga termasuk pantang terhadap makanan yang sekarang banyak beredar ditengah-tengah kita yaitu makanan yang dari mulai proses penanaman, pengolahan, dan penyajiaannya menggunakan berbagai produk-produk kimia an-organic, seperti pupuk urea, TSP, KCL, pestisida, insektisida, bahan pengawet seperti formalin, boraq, juga zat-zat pewarna kimia seperti pewarna textil, pewarna tembok serta zat perasa seperti gula full fet, garam berlebihan, MSG dll.
    GFO Melilea dibuat dari bahan-bahan pertanian organic yang terbebas dari unsur-unsur kimia beracun seperti yang telah dikemukakan diatas.
    Konsep penggantian konsumsi makanan pengganti GFO Melilea ini di inspirasikan oleh produk air minum seperti AQUA. Ketika produk air minum ini pertama kali diluncurkan, ternyata respon masyarakat sangat negative, karena masyarakat waktu itu pada umumnya berpendapat “kenapa harus minum aqua yang harganya lebih mahal dari BBM, padahal kita punya air sumur, atau air pam, air sungai dll.?” Tetapi apa yang kita lihat sekarang, hampir setiap rumah tangga mengkonsumsi air kemasan, dan hampir semua orang menyebutnya aqua walaupun merk yang dikonsumsinya bukan aqua. Pada umumnya masyarakat terutama yang tinggal diperkotaan merasa sumber air mereka yang dari sumur, sungai dan PAM sudah semakin tercemar dengan berbagai limbah kimia beracun.
    Demikian halnya dengan GFO Melilea ini, dia bukan suplemen dan bukan obat, melainkan makanan organik sebagai pengganti makanan kita sehari-hari, yang kita tahu sudah sangat tercemar dan sangat tidak sehat dari mulai proses penanaman, pengolahan bahan dan proses penyajian sampai di meja makan kita.
    Penggunaan GFO Melilea secara rutin dengan cara yang benar akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup kita. Sesuai Motto GFO Melilea yakni :
    “HEALTHY AND BEAUTY”

    Terimakasih,
    omyosa : 08159927152,

    BalasHapus
  4. mua orang bisa terkena DM bisa juga disebabkan karna asumsi makanan yg salah & banyak gula...
    Jga kondisi body yar terhindar dr ancaman DM

    BalasHapus
  5. malam yang indah ini saya hanya bisa berkunjung saja! tidak bisa mengluarkan kata2 yang banayak!
    smoga sukses!
    met blog walking.

    BalasHapus
  6. Pada saat kuketahui aku mengidap diabetes melitus...rasanya kematian dihadapanku tinggal menunggu hari saja.....Ya Allah ampuni semua dosa-dosaku....

    BalasHapus