03 Mei 2009

WISATA KULINER SOLO

Tulisan ini aku buat untuk berbagi dari apa yang barusan aku baca. Meskipun sebenarnya udah banyak juga yang nulis tentang ini. Tapi semoga tetap bermanfaat bagi teman-teman.
Tulisan kali ini adalah tentang makanan khas kota Solo. Meskipun saya sekarang lebih sering di Yogyakarta, namun selama 3 tahun saya juga pernah tinggal di Solo. Jadi sekalian nostalgia kenangan waktu itu juga.

Ini adalah TIMLO, salah satu menu khas kota Solo. Menu ini berupa sajian dengan kuah bening yang berisi "sosis" daging ayam yang dipotong-potong, potongan telur pindang, hati dan ampela ayam. Timlo yang terkenal adalah Timlo Sastro yang ada di daerah Balong Pasar m'Beling atau cabangnya di Pasar m'Beling dan Timlo Solo di Jl Urip Sumoharjo.

Yang ini namanya NASI LIWET. Menu ini dapat ditemukan hampir di setiap penjuru kota Solo. Nasi Liwet yang terkenal adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang ada di di daerah Keprabon (Jl Teuku Umar) dan Nasi Liwet Yu Sani di kawasan Solo Baru. Selain di daerah itu, menu ini juga dapat dibeli dari penjual yang berkeliling di komplek perumahan pada pagi hari.

Nah, dengan sedikit info tentang 2 menu khas Solo di atas semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang hendak berwisata ke Solo. Setidaknya bisa memberikan sedikit informasi tentang kuliner kota Solo yang tentunya masih ada banyak lagi selai 2 menu tersebut.

5 komentar:

  1. timlo dan nasi liwet.., stelah baca ilustrasinya, ni kelenjar ludah langsung skresi cepat...air liur terbit..pngen ngrasain gmna tuh rasanya....kapan y..bisa ke solo...??

    BalasHapus
  2. eh, ank ksehatan juga y? farmasi? kedokteran? atw apa? filosofi sayang di headernya bagus klo mw diberiya banyak2 memberi...

    BalasHapus
  3. tukar link boleh...??linknya d kupsang...cri aja di "blog kawan", link baliknya dtunggu y....

    BalasHapus
  4. wew...kapan2 cari yuk....ke solo dah..

    BalasHapus
  5. @ gusi merah: iya, saya anak farmasi. maen aja ke solo, msh bnyk menu lain lho yg lbh merangsang sekresi saliva. oke qt tukeran link ya...

    @ mas angga : ayuk ke solo, tp hbs skripsi slese aja ya... hehehe

    BalasHapus